Jumat, 11 Mei 2012

SUBJEKTIFITAS

Apa yang anda pikirkan ketika mulai menilai sesuatu, apakah dari bentuk? apakah dari selera anda? seluruh perasaan itu menyatu dipikiran anda untuk anda benar-benar menetapkan hati, dan ya, saya memilih yang itu!! Dan sadarkan anda bahwa perasaan itu bukan lagi muncul dari suatu penilaian pasti, contohnya  penilaian yang menggunakan angka. Apa yang anda pikirkan ketika mendengar lagu dan melihat suatu film? apakah anda akan memilih film SESUAI dengan apa yang anda suka? 

Tulisan kali ini akan membahas mengapa anda memilih sesuatu dan mengapa orang lain tidak memilih pilihan anda? apakah motif dibalik pilihan tersebut?

Ketika seseorang sudah mulai dihadapkan oleh suatu pilihan dan ia mulai menilai, maka pikirannya mulai mencari apa kesukaannya sendiri. apalagi kalau pilihan tersebut adalah pilihan yang tidak terlalu penting dalam hidupnya, contohnya adalah memilih baju. Kebanyakan orang akan memilih baju sesuai dengan warna kesukaannya, tidak peduli warna kesukaan itu cocok atau tidak dengan warna kulitnya.

Subjektifitas secara tidak langsung ditimbulkan akibat suatu ketertarikan, kecocokan dan pengetahuan yang ia punya. yang lebih parah lagi keteika subjektifitas muncul karena ikut-ikutan (pengaruh) teman, biasanya terjadi pada para social climber

Pilihan sangat tergantung pada apa yang sedang anda rasakan, mengapa anda memilih merah? mungkin karena sedang marah. dan mengapa anda memilih kuning? mungkin karena anda sedang senang. terkadang semuanya tergantung apa yang terjadi dengan sekeliling kita dan hal tersebut sering terjadi disekitar kita.

Apa yang membuat para perusahaan besar membuat iklan yag sesuai dengan preferensi masyarakat? Itu mereka lakukan karena mereka harus mengambil subjektifitas calon konsumennya. Sebagai alat propaganda yang terbuki paling manjur, media sudah menjadi bagian dari lingkungan masyarakat yang fungsi utamanya adalah mengambil perhatian dan penilaian masyarakat dan berharap subjektifikas masyarakat itu akan menjadi profit mereka di waktu nanti.

Apa yang membuat anda memilih? Yang membuat keputusan untuk memilih hal tersebut adalah kesukaan anda, apakah anda suka wana merah? Maka anda cenderung akan memilih warna itu di keputusan-keputusan kedepan yang akan anda buat.

kesesuaian akan mendominasi cara anda berfikir dan akan menjadi dasar primadona pilihan anda

seperti apa subjektifitas anda?

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar